Kudu Paham Pentingnya Sanitasi Lingkungan

Tim Penggerak Pemberdayaan Ketahanan Keluarga (TP PKK) Kabupaten  Bandung mendorong penerapan kesehatan lingkungan melalui sanitasi.

Kepada TP PKK kecamatan, desa dan kelurahan, Imas Sopian Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III mengatakan, kader PKK sebagai motivator, perencana dan pelaksana untuk program kesehatan lingkungan, agar cermat dan paham terkait penetapan sanitasi di wilayah kerja masing-masing.

”Kita sebagai Kader PKK, sebagai motivator, perencana program di wilayah juga sebagi pelaksana, harus memastikan tidak ada kesenjangan dalam hal kesehatan lingkungan. Makanya, hari ini (kemarin, Red.) kita berikan pemahaman mengenai sanitasi,” ujar ibu yang akrab disapa Ceu Oyan usai Sosialisasi Sanitasi untuk TP. PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan di Gedung Dewi Sartika Soreang, kemarin (29/8).

Dia mengurai, upaya sanitasi akan berhasil jika didukung dengan perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Menurutnya perilaku tersebut bisa ditetapkan melalui program yang difasilitasi pemerintah desa, sebagai bagian terdekat dengan  masyarakat.

”Upaya sanitasi bisa menjadi program kegiatan kader PKK di tingkat desa, contohnya ajukan anggaran minimal Rp 30 juta, untuk kegiatan peningkatan sarana seperti pembangunan MCK/ jamban sehat, septictank dan lainnya,” ungkapnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *