Pamsimas Giriasih Siap dukung Pelayanan Air Minum dan Sanitasi Bagi Masyarakat

GIRIASIH-PURWOSARI (14/1/19)- Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), merupakan program yang turut dinaungi oleh Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa.

Dengan tujuan menjamin kualitas air bersih maupun lingkungan tempat tinggal yang sehat, khusunya bagi masyarakat desa, pinggiran kota dan daerah Urban.

Kondisi air minum dan sanitasi buruk dapat berdampak pada kesehatan masyarakat. Salah satu dampak yang ditimbulkan yakni Stunting pada anak (kekerdilan). Hasil penelitian sekitar 35 persen terjadi karena buruknya air minum dan sanitasi.

Oleh karena itu, program ini ingin menjamin terutama di daerah yang kurang terjangkau air bersih. Kami mendukung dengan memberikan bimbingan teknis mengenai persiapan untuk penyediaan air bersih dan lingkungan sanitasi, agar terus dikembangkan oleh masyarakat.” 

Pentingnya Pamsimas ini, sesuai dengan rencana jangka pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah Indonesia telah mengambil inisiatif untuk melanjutkan komitmennya dengan meluncurkan program nasional akses universal air minum dan sanitasi, tahun 2019 dengan capaian target 100 persen akses air minum dan sanitasi bagi seluruh penduduk Indonesia. 

Ketersediaan akses air bersih dan sanitasi, merupakan satu diantara indikator dalam klaaaifikasi status desa dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Program Pamsimas dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat, melalui keterlibatan masyarakat dan pendekatan yang tanggap dengan kebutuhan masyarakat. 

Mendidik kesadaran masyarakat tentang pentingnya air bersih dan sanitasi lingkungan. Jadi mereka akan mengupayakan untuk dana desa digunakan akan keperluan itu. Karena kalau mereka merasa penting, mereka pasti akan menjaga apa yang telah diberikan. Dan bagi pemerintah jika mereka merasa itu penting, mereka berikan dana untuk kepentingan itu.

Kini pemerintah Desa Giriasih telah mendapatkan program pamsimas tersebut, sesuai dengan harapan mudah-mudahan program ini dapat berjalan lancar, dan anggapan bahwa Giriasih salah satu desa yang selalu merasa kekurangan air mudah mudahan di kemarau yang akan datang anggapan ini dapat terselesaikan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *