Sanitasi Menjadi Masalah Utama Stunting di Desa Sumberrejo

Sanitasi Menjadi Masalah Utama Stunting Di Desa Sumberrejo

Masalah sanitasi lingkungan menjadi hal yang di perbincangkan dalam acara pra musyawarah Desa Sumberrejo Batanghari. Adanya beberapa tempat ulyang belum sehat menjadi sumber masalah akan adanya gejala stunting, 21/08/2019.

Apalagi dalam data yang ada di Dinas Kesehatan setempat, bahwa Sumberrejo masuk dalam Desa yang rawan stunting di Lampung Timur.

Menurut Titik, selaku bidan Desa sumberrejo salah satu alasan utama hal tersebut karena masih adanya WC Cemplung dan lingkungan yang kotor.

“Adanya WC yang kurang sehat serta kandang ternak yang masih dekat dengan rumah menjadi penyebab utama stunting ,” ujarnya.

Lanjut dia perlu ada dukungan setiap elemen masyarakat dan pamong Desa untuk mengentaskan stunting ini. Sebagai contoh program posyandu yang berjalan dan juga kelas ibu hamil dan kelas ibu menyusui menjadi awal untuk menuntaskan stunting ini.

Senada hal itu, Sekertaris Desa Sumberrejo Muhajir, juga menghimbau untuk setiap masyarakat maupun kader bersama – sama mengentaskan stunting yang ada.

“Sihak Desa siap berkordinasi dan mendukung layanan kesehatan yang diperlukan untuk menuntaskan masalah ini. Karena ini masalah kita bersama,” pungkasnya. (Tyu/byu)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *