Program Sanitasi Lingkungan Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Warga Desa Raharja

Program sanitasi lingkungan melalui kegiatan pemeliharaan sanitasi pemukiman di Desa Raharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar yang di realisasikan di tahun anggaran 2019 di harapkan mampu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat warga masyarakat di Desa Raharja.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini telah disalurkan bantuan stimulan berupa barang sesuai kebutuhan masyarakat dengan total anggaran sebesar Rp.64.521.520,- dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 27 KK yang tersebar di dua dusun, di dusun Randegan 1 dan dusun Randegan 2.

Penyaluran bantuan dalam kegiatan pemeliharaan sanitasi pemukiman ini disalurkan bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran,kemauan dan kemampuan warga masyarakat sehingga nantinya sarana prasarana lingkungan/pemukiman yang dibangun ini dapat mendukung lingkungan tempat tinggal/hunian agar mampu meningkatkan qualitas kehidupan warga masyarakat di Desa Raharja.

Tukimin S.Ip selaku kasie kesmas di Desa Raharja ketika ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa masalah sanitasi lingkungan masih tetap menjadi prioritas atau program unggulan di Desa Raharja. Dan untuk itu peran serta atau partisipasi pemerintah desa akan secara konsisten menstimulasi masyarakat dalam upaya peningkatan pola hidup bersih dan sehat dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang nantinya diharapkan adanya peningkatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat di Desa Raharja.

“Kampanye sanitasi akan terus di laksanakan dengan target di tahun 2020 ada peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat yang signifikan di masyarakat dan Desa Raharja bebas perilaku BABS.

Di akhir pembicaraan Tukimin S.Ip menegaskan agar program sanitasi lingkungan ini berjalan maksimal dibutuhkan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak,lembaga elemen dan masyarakat.

“Selain itu juga kampanye sanitasi dan PHBS harus terus menerus secara konsisten di laksanakan dengan target adanya perubahan perilaku.Perilaku hidup bersih dan sehat harus menjadi kebiasaan yang harus di tanamkan di masyarakat,”Terangnya

Terkait dengan masih adanya ketidak mampuan di masyarakat dalam memiliki toilet atau jamban keluarga inilah PR kita bersama yang harus kita dorong dengan memberikan bantuan stimulan dari pemerintah Desa Raharja.

“Dan mudah-mudahan apa yang telah kami berikan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam merubah perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat dan kita akan selalu konsisten dalam pemberdayaan masyarakat dan berupaya untuk mendorong terus agar masyarakat mampu meningkatkan qualitas hidupnya,”pungkasnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *