Seminar dan Pemberian Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berkelanjutan

Seminar dan Pemberian Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berkelanjutan

Jakarta – Bertepatan dengan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia Ke-9 tahun 2019, Menteri Kesehatan RI memberikan anugerah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Berkelanjutan 2019 (STBM Award Berkelanjutan 2019). STBM Award Berkelanjutan diberikan kepada 19 kabupaten dan kota yang telah mencapai pilar pertama STBM, yaitu yang sudah terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Pada penyelenggaraan anugerah STBM Award tahun 2019, Kementerian Kesehatan juga memberikan penghargaan kepada 42 Sanitarian terbaik dari kabupaten/kota yang telah ODF. Penghargaan diberikan berdasarkan pengajuan kabupaten/kota bersangkutan serta verifikasi lapangan oleh tim juri dari lintas kementerian dan lembaga mitra pembangunan sanitasi Indonesia. Sanitarian yang diajukan adalah mereka yang mempunyai inovasi dalam peningkatan akses sanitasi di wilayah kerjanya.

STBM Award Berkelanjutan 2019 diserahkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek, Sp M di Auditorium Prof DR Siwabessy Kantor Kementerian Kesehatan RI, di Jakarta, Rabu (02/10/2019).

Anugerah STBM Award Berkelanjutan ini menjadi agenda tahunan kolaborasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Bappenas dan lembaga mitra pembangunan sanitasi nasional dan internasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *