Kudu Paham Pentingnya Sanitasi Lingkungan

 Memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal Anda selalu terjaga kebersihannya adalah salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari serangan penyakit. Lingkungan mempunyai andil yang paling besar terhadap status kesehatan yang disusul oleh perilaku.

Pengaruh lingkungan hidup terhadap kesehatan demikian penting sehingga banyak penyebab penyakit yang seringnya harus Anda cari di luar tubuh. Itu artinya, penting untuk menyelidiki seberapa bersih lingkungan tempat tinggal Anda. Hal ini lantas akan membawa Anda pada pemahaman tentang sanitasi.

Sanitasi adalah status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya (Notoadmojo, 2003). Sanitasi juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar yang memengaruhi kesehatan manusia.

Sanitasi adalah faktor penting faktor penting yang harus diperhatikan, terutama sarana air bersih, ketersediaan jamban, pengolahan air limbah, pembuangan sampah, dan pencemaran tanah. Pembuangan tinja dapat secara langsung mengontaminasi makanan, minuman, sayuran, air tanah, serangga dan bagian-bagian tubuh.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai apa itu sanitasi dan seberapa penting penerapan sanitasi yang baik terhadap standar Kesling Kit/Sanitarian Kit dan kesehatan orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *