CARA MENJAGA KEBERSIHAN & KESEHATAN SELAMA PANDEMI

Virus Corona telah terpapar banyak orang dihampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ketika pandemi corona berlangsung, salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah menjaga kesehatan diri & lingkungan. Jika tidak menjaga kebersihan, virus yang menempel dari benda-benda yang kita sentuh akan lebih mudah menginfeksi tubuh kita, menjaga kebersihan diri tersebut harus dijalankan agar penyebaran penyakit ini bisa melambat. Berikut cara menjaga kebersihan diri agar terhindar dari virus & penyakit :
  1. Sering Mencuci tangan 
Mencuci tangan lebih sering menjadi salah satu tips kebersihan diri. Ada banyak sekali kuman & virus yang mungkin menempel pada tangan kita, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang ditempat umum contohnya pegangan pintu, tangga, dll. Serta perlunya mencuci tangan setelah dari luar rumah. Selain sering  mencuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan diri selama pandemi yaitu dengan mandi setiap hari, menggosok tubuh dengan sabun. Sehinggan semua kuman dan virus yang mungkin menempel akan hilang, selain itu kotoran dan keringat juga akan bersih setelah mandi. Kemudian jangan lupa sikat gigi minimal 2 kali sehari untuk menjaga mulut kita tetap bersih dan sehat. Membersihkan rambut (keramas) serta potong kuku. Kuku yang panjang sangat tidak sehat dan berbahaya, dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Karena kotoran dan kuman menumpuk pada kuku. Memotong kuku secara teratur adalah salah satu tips menjaga kebersihan diri.
  1. Siap Sedia Hand Sanitizer
Jika tidak ada tempat untuk cuci tangan, kita bisa menggantikannya dengan Hand Sanitizer, dengan kandungan alkohol mulai dari 30% – 60%. Sangat dianjurkan untuk menggunakan Hand Sanitizer mengandung alkohol minimal 60% karena lebih bisa membunuh virus Covid-19 yang mempunyai ukuran cukup yakni 400-500 mikrometer.
  1. Tidak Sering Menyentuh Wajah
Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi sarang virus adalah telapak tangan. Maka dari itu disarankan untuk menghindari menyentuh mulut, mengusap hidung dan mengucek mata terlalu sering. Sebab hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung atau mulut yang kemudian masuk kedalam tubuh dan membuat kita sakit.
  1. Mempraktekkan etika bersin dan batuk
Biasakan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk. Jika tidak ada tisu tutuplah mulut dengan siku bagian dalam. Setelah itu buang tisu bekas batuk dan bersin ketempat sampah. Cucilah tangan dengan air bersih dan sabun setiap habis batuk dan bersin atau gunakan Hand Sanitizer.
  1. Memakai Masker
Kementrian kesehatan menggaungkan pentingnya disiplin memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19. Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet / cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang telah terinfeksi. Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19, terutama ketika berada dikerumunan atau berdekatan. JANGAN KENDOR DISIPLIN PAKAI MASKER !!!
  1. Membersihkan Permukaan Barang Yang Sering Disentuh
 Virus Corona ini diperkirakan bisa bertahan dipermukaan benda selama beberapa jam hingga hari. Jadi kita sebaiknya sering-seringlah untuk membersihkan benda yang sering disentuh.
  1. Berolahraga
Berolahraga penting dilakukan untuk menjaga metabnolisme atau daya tahan tubuh. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Sebaiknya olahraga tetap dilakukan dirumah, misalnya Squat, push up, sit up, plank, berjemur dimatahari dan lain-lain.
  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Isi piringku merupakan salah satu panduan makan sehat yang bisa digunakan sebagai acuan sajian sekali makan. Para ahli gizi sepakat bahwa kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan. Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sayuran yang kaya vitamin C antara lain Brokoli, Paprika dan Bayam. Vitamin C juga terdapat pada buah seperti jeruk, jambu buju, pepaya, kiwi, strowbery dan nanas.
  1. Jaga Kebersihan Lingkukan
Membersihkan rumah dan sekitarnya bisa meminimalkan paparan virus, gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh. Gunakan air dan sabun atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendinsinfeksi.
  1. Social Distancing (Menjaga Jarak)
Menjaga jarak aman, terutama dengan orang yang tengah batuk atau bersin bisa membantu menghindari penularan penyakit. Pastikan untuk jaga jarak setidaknya 1 – 2 meter. Untuk mengindari penularan virus disarankan untuk tidak banyak menghabiskan waktu diluar rumah jika tidak penting. Dari tulisan diatas kita bisa simpulkan bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan sangatlah penting. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati terutama dimasa pandemi seperti sekarang. Upaya-upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah menerapkan perilaku sehat, yaitu selalu; 1. Memakai Masker 2. Mencuci Tangan Pakai Sabun 3. Menjaga Jarak, serta 4. Menghindari kerumunan Sumber : https://sdmuh4t-smr.sch.id/detailpost/cara-menjaga-kebersihan-kesehatan-selama-pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *