Haruskah Kita Melakukan Sanitasi Pada Makeup saat Pandemi Seperti Sekarang?

Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini mengubah banyak hal. Orang-orang semakin aware dengan kebersihan. Baik itu kebersihan diri ataupun benda-benda di sekitar. Karena memang sudah banyak penelitian yang menyebutkan virus corona bisa bertahan di benda-benda. Meski jangka waktunya berbeda-beda, ada yang cepat dan lambat menghilang, orang-orang tidak mau mengambil risiko lebih jauh. Maka dari itulah sekarang ini yang melibatkan kontak, satu dengan yang lainnya, apalagi dengan orang-orang baru yang sama sekali tidak dikenali dari luar kota atau tempat jauh lainnya menjadi sangat menakutkan. Bahkan jika berhubungan dengan makeup. Sebelum pandemi, sudah menjadi hal yang biasa untuk saling bertukar makeup. Mencoba berbagai tester makeup di konter-konter produk kecantikan. Namun, karena sekarang ini kondisinya berbeda, perlu perlakukan yang berbeda pula pada berbagai produk kosmetik yang dipakai. Yuk ikuti ulasan berikut ini, apakah perlu pembersihan alat-alat makeup.

Ambil Keputusan yang Tepat, Tetap Berbagi atau Menghentikannya

Haruskah Kita Melakukan Sanitasi Pada Makeup saat Pandemi Seperti Sekarang?
Foto: hopeanddreamzblog
Amesh A. Adalja seorang sarjana di John Hopkins Bloomberg School Public Health’s Center for Health Security menyebutkan jika ia memastikan jika ada orang lain yang meminjam produk kosmetik milikmu, kamu juga akan menyeka permukaan yang mereka sentuh. Dan bayangkan jika peminjam kosmetikmu sedang positif corona? Bukankah resiko kamu terjangkiti juga akan tinggi. Nada Elbuluk seorang asisten profesor klinis dermatologi di Keck Medicine, USC sependapat dengan apa yang diutarakan oleh Amesh. Elbuluk bahkan tidak merekomendasikan berbagi riasan apapun, apalagi selama masa pandemi sekarang ini. Jika tidak sengaja kosmetikmu disentuh oleh orang lain, langsung lakukan desinfeksi permukaan setelahnya. “Virus corona bisa hidup pada permukaan untuk beberapa periode tertentu. Untuk alasan inilah, akan sangat bermanfaat untuk membersihkan permukaan luar wadah riasan’ papar Elbuluk lebih lanjut. Bahkan seorang ahli kimia bernama Ginger King setuju dengan gagasan mendisinfeksi semuanya. Karena lebih baik aman daripada menyesal. Ia juga meyakini jika riasan aman, selama tidak meminjamkan produkmu ke orang lain.

Cara Membersihkan Produk Makeupmu

Haruskah Kita Melakukan Sanitasi Pada Makeup saat Pandemi Seperti Sekarang?
Foto: pinterest.com
Nah, jika makeup sudah terpaksa disentuh oleh orang lain. Atau kamu merupakan tipe orang yang tidak enakan untuk mengatakan tidak, melakukan pembersihkan. Caranya? Bisa menggunakan alkohol sebagai desinfektan. Kamu bisa memanfaatkan alkohol dalam bentuk spray yang tidak mengubah tekstur dan kandungan di dalam makeup. Dalam masalah makeup, jika bentuknya merupakan pump atau yang tidak terlalu terbuka akan aman. Namun bagi yang mudah terbuka, bahkan bisa dicolek-colek dengan tangan, berhati-hatilah. Terlepas apapun makeupmu, lakukan pembersihan. Pun sama dengan kuas, banyak sekali kuas untuk makeup. Lakukan pembersihan kuas dengan rutin. Minimal lakukan seminggu sekali untuk mencegah penumpukan produk atau hal-hal lainnya yang tidak diinginkan. Sementara bagi kamu yang selama ini memanfaatkan tangan untuk memoleskan makeup, jangan lupa untuk cuci tangan 20 detik sebelum dan sesudah mengaplikasikan produk ke wajah. Selalu jaga kebersihan ya, supaya virus yang mengintai dunia ini bisa jauh-jauh darimu. Sumber : https://meramuda.com/beauty-health/haruskah-kita-melakukan-sanitasi-pada-makeup-saat-pandemi-seperti-sekarang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *